Strategi Pemasaran

Sebelum masuk ke tips-tipsnya, Anda sebaiknya mengetahui pengertian strategi pemasaran terlebih dahulu. Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat.


Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang, dengan begitu, jumlah penjualan dapat meningkat. Strategi pemasaran juga dapat dimaknai dengan rentetan usaha yang dilakukan perusahaan (penjual)  dalam mencapai tujuan.

Di dalam suatu bisnis, ada tiga faktor yang merupakan penentu harga jual barang dan jasa yang meliputi produksi, pemasaran, serta konsumsi. Sehingga, pemasaran dapat dikatakan sebagai penghubung produsen dan konsumen. Namun anda tidak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk produksi karena kita selalu bisa membantu sehingga anda bisa berfokus pada pemasran dan tentunya anda bebas menentukan laba.

ini adalah Contoh video refrensi tentang strategi pemasaran :


skip pada menit 0.24 untuk langsung pada materi

Dalam penyusunan strategi pemasaran yang efektif, maka, Anda bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini:

1. Melakukan Branding dengan Baik
Strategi marketing yang selanjutnya adalah dengan melakukan branding atau pencitraan. Branding sendiri adalah proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk yang anda jual.

Setiap penjual harus melakukan branding terhadap produknya. Sehingga, konsumen akan loyal dan setia menggunakan produk tersebut. Beberapa usaha untuk melakukan branding terhadap perusahaan meliputi membuat logo, gambar, dan juga menentukan produk unggulan.

dengan begitu, maka produk dan toko anda pun akan lebih dikenal oleh masyarakat.

salah satu branding yang saya masih gunakan hingga saat ini adalah membuat pemikiran kebanyakan orang untuk berfikir jika mereka membutuhkan suatu barang (misal kaos) pasti kebanyakan orang akan mengingat saya karena mereka tau saya berjualan kaos.

ini adalah salah satu hal simpel untuk membuat diri kita di ingat oleh pembeli, tentu saja membuat pembeli percaya dan nyaman dengan produk yang kita jual sama pentingnya

2. Menyasar Target Market
Anda juga perlu mendefinisikan dengan tepat mengenai pangsa pasar yang tengah dituju. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih beberapa segmen pasar yang akan Anda masuki. Tujuannya supaya target pasar menjadi lebih jelas. Hal ini akan memudahkan Anda meng-konsep teknik marketing yang tepat. 

Sebagai contoh : ketika saya menjual kaos yang sedang trend (kaos KPOP) dengan target market yang berumur 40 tahun dan berkelamin laki laki, tentu saja akan sulit mendapatkan penjualan pada market seperti ini. Akan mendapatkan banyak penjualan bila target marketnya dirubah dengan usia 20-30 tahun dan berkelamin perempuan.
.
3, Unik Selling 
Unik selling adalah suatu nilai lebih dari produk kita yang tidak dimiliki oleh produk lain. sebagai contoh : dari produk INIKAOSKEREN bisa custom satuan desain sesukamu dan free desain. 3 point ini adalah unik selling yang selalu yang gunakan dan andapun dapat menggunakannya pada pelanggan anda 

Cara pertama untuk menentukan Unique Selling adalah dengan memikirkan baik-baik apa yang konsumen benar-benar inginkan dari bisnis Anda. Tentu masih sangat banyak unik selling yang bisa anda gunakan seperti pembelian ke sekian pembeli akan mendapatkan topi secara gratis (ini harus masuk dalam anggaran promosi, yang artinya anda tidak rugi).

You Might Also Like

0 komentar